Sabtu, 17 Mei 2014

PROFIL / BIOGRAFI JIMI HENDRIX



          Lahir pada tanggal 27 November 1942 di Seattle,Washington – Amerika, dengan nama Johnny Allen Hendricks , namun diusia 4 tahun ayahnya merubah nama tersebut menjadi James Marshal Hendricks, yang akhirnya populer dengan nama Jimi Hendrix.

Jimi Hendrix adalah pencipta lagu, penyanyi, dan gitaris blues, rock, and funk. Ia sulung dari lima bersaudara, karena masih memiliki empat orang adik kandung diantaranya: Leon, Joseph, Kathy, dan Pamela Hendricks.

Ayahnya berdarah Afro Amerika Meksiko dengan nama Alex Hendricks, dan nama ibunya Lucille asli Indian Cherokee. Mereka berasal dari keluarga kurang mampu dimana sang ayah hanyalah seorang prajurit rendahan di Oklahoma. Saat Jimi Hendrix berusia 3 tahun, orang tuanya berpisah. Namun kemudian ibunya meninggal pada saat Jimi Hendrix berusia 10 tahun.

Sejak kecil Jimi Hendrix sudah sering meniru gaya bermain gitar “duckwalk” dari Chuck Berry, sambil menggunakan sapu. Diusia 12 tahun, Jimi Hendrix mendapat hadiah sebuah gitar akustik bekas seharga 5 dollar dari sang ayah. Namun karena Jimi Hendrix adalah seorang yang kidal sehingga gitar tersebut diubah susunan senarnya, dimana tangan kanannya menekan fredboard dan tangan kirinya yang memetik senar. Selang tiga bulan kemudian, sang ayah membelikan Jimi Hendrix sebuah gitar elektrik Supro Ozark 160S.

Jimi Hendrix pernah mengenyam pendidikan diusia remaja yaitu di Garfiel High School, namun akhirnya putus sekolah karena kurang disiplin. Ia pun kemudian lebih tekun melatih skill gitarnya setiap hari untuk mengisi kekosongan waktu. Ia paling sering mendengarkan lagu – lagu milik B.B. King, Muddy Waters, Elmore James, Chuck Berry, dan Eddie Cochran, hingga kelak dikemudian hari B.B.King menuliskan pada gitar Gibsonya nama Lucille (almarhumah ibu Jimi Hendrix) yang menurutnya sebagai rasa hormat kepada mendiang ibu Jimi Hendrix.

Band pertama yang dibentuk Jimi Hendrix diberi nama Velvestone yang dibentuk tahun 1958. Kemudian ditahun 1960 ia bergabung dalam grup band Rocking Kings. Setahun kemudian Jimi Hendrix ikut wajib militer dengan bergabung di angkatan darat Ford Ort, California – Kentucky, dan ditempatkan pada 101st Airborne Paratroopers di Fost Campbell dalam pasukan penerjun.

Saat mengikuti wajib militer, Jimi Hendrix sempat ikut bergabung pada band milik angkatan darat dan bermain bersama Billy Cox, yaitu seorang pemain bass blues yang pernah bersama Jimi bergabung di grup The King Casuals. Suatu ketika Jimi Hendrix mengalami cedera pada pergelangan kaki saat melakukan penerjunan, sehingga ia diberhentikan dari wajib militer dan diijinkan untuk pulang ke kampung halaman. 

Kemudian Jimi Hendrix membentuk sebuah grup band bersama para sahabat lamanya yang diberi nama Bob Fisher & The Barnevilles. Grup ini lebih sering menjadi band pembuka bagi beberapa musisi Amerika saat itu. Tak lama kemudian Jimi Hendrix pindah ke Vancouver – Canada. Setelah itu ia pindah lagi ke Tennessee pada tahun1963 kampung halaman Elvis Presley, dan sempat bermain bersama Little Richard, Hank Ballard, dan The Supreme, serta mengisi permainan gitarnya di dua single milik Lonnie Youngblood.

Dari Tennessee ia pindah lagi ke NewYork. Tahun 1964, Jimi Hendrix ikut bergabung sebagai gitaris di grup band Ishley Brothers, dan melakukan tour bersama sampai ke The Southern Chitlin Circuit yang akhirnya ia mulai ikut terkenal.

Tahun 1965 ia pernah ikut main bersama penyanyi soul Curtis Knight And The Squires, yang menulis lagu “Ballad Of Jimi”. Kemudian ia juga pernah bergabung dengan Bobby Taylor & The Vancouvers, King Curtis And Ray Sharpe, Jimmy Norman & Billy Lamont bahkan bersama band milik Little Richard, hingga akhirnya bersolo karier. Tahun 1966 Jimi Hendrix kemudian memutuskan untuk membentuk band sendiri dengan nama Jimmy James & The Flue Flames. Saat bermain di Cafe Wha! Di Greenwich Village, New York, ia bertemu Linda Keith (pacar Keith Richard saat itu - gitaris The Rolling Stones) yang kemudian mempertemukan Jimi Hendrix dengan Chas Chandler (basis The Animals). Jimi lalu diajak Chandler untuk hijrah ke London dan menyarankan untuk mengubah nama belakangnya menjadi Hendrix.

Jimi sedikit ragu dan minder karena ia tahu bahwa London merupakan gudangnya para gitaris dunia, diantaranya: Jimmy Page, Pete Townsesnd, Keith Richard, Eric Clapton, Jeff Beck, dan George Harrison. Namun ia pun memutuskan untuk berangkat Ke London.

Karena sering bersama The Animals saat di London, sehingga Jimi Hendrix cepat dikenal oleh para musisi setempat. Ia juga pernah bergabung dalam grup The Cream yang membuatnya akrab dengan salah satu personilnya yaitu Erick Clapton. Tak lama kemudian Jimi Hendrix membentuk sebuah grup band miliknya sendiri dengan nama Jimi Hendrix Experience lalu mengajak Mitch Mitchell mengisi posisi drum dan Noel Redding sebagai posisi basis. Mereka kemudian diajak untuk menjadi band pembuka Johnny Hallyday (seorang penyanyi terkenal dari Prancis).

Setelah itu Jimi Hendrix Experience masuk rekaman di De Lane Lea Studio - London, dengan merekam lagu Stone Free (ciptaan Jimi Hendrix) dan Hey Joe (ciptaan Billy Roberts) yang sebelumnya pernah dipopulerkan oleh Tim Rose.

Dibulan November 1966 Jimi Hendrix Experience mendapat tawaran show di Big Apple, Munich - Jerman selama 4 hari, dan mulai dikenal serta diliput oleh banyak media pers. Desembar 1966 mereka menandatangani kontrak bersama Yameta Company (perusahaan manejemen bagi para artis di London) untuk jangka waktu 4 tahun.

Bulan Januari 1967, Jimi Hendrix Experience masih sering main di klab – klab kecil karena sepi tawaran show. Penampilan mereka sering ditonton oleh musisi terkenal seperti: Mick Jagger, Pete Townsend, dan Paul Mc. Cartney. Akhir tahun 1967, Jimi Hendrix Experience mendapat tawaran manggung di Saville Theater - London, sebagai band pembuka grup The Who.

Moment ini dimanfaatkan oleh Jimi Hendrix dengan mengeluarkan semua skill yang dimilikinya, diantaranya memetik senar gitar dengan menggunakan giginya. Semenjak itu Jimi Hendrix Experience makin terkenal, dan lagu mereka berjudul Hey Joe menduduku urutan ke 6 pada Chart Inggris.

Bulan Februari 1966 Jimi Hendrix Experience masuk studio untuk menyelesaikan album rekaman yang belum rampung, namun kali ini ditangani oleh Olympic Studios, Barnes – London. Selanjutnya selama bulan maret 1966 mereka disibukkan dengan tour keliling Eropa.

Setelah melakukan tour keliling Eropa, Jimi Hendrix Experience kembali melakukan tour keliling daratan Inggris bersama Cat Steven, Engelbert Humperdinck, dan Walker Brothers. Namun ditour ini Jimi Hendrix mengalami cedera saat melakukan atraksi membakar gitar, dan tanpa disadari tangannya ikut terbakar.

Setelah Jimi Hendrix sembuh dari cedera tangan, lagu Purple Haze diluncurkan ke pasar dan berhasil menduduki posisi ketiga pada tangga Chart Inggris. Album pertama Jimi Hendrix Experience berjudul Are You Experience akhirnya beredar di tahun 1967 dan berhasil menduduki posisi kedua Chart Inggris selama 33 minggu.

Mereka pun kembali melakukan tour keliling Eropa dengan mengelilingi Jerman, Belanda, Perancis, Denmark, dan negera – negara Skandinavia.

Kemudian ditahun yang sama meluncur lagi album kedua Jimi Hendrix Experience yang berjudul Axix: Bold As Lover yang didalamnya terdapat hits Little Wing yang memadukan blues serta efek Wah Wah. Album ini laris dipasaran.

Tahun 1968 Jimi Hendrix Experience mengeluarkan lagi album Electrick Ladyland yang juga laku keras dipasaran. Setelah album ketiga ini mereka disibukkan lagi tour keliling Eropa – Amerika.

Tahun 1970, Noel Redding (basis) mengundurkan diri sehingga Jimi Hendrix Experience sempat vakum. Selama masa vakum ini Jimi Hendrix lalu menggarap dua proyek, yaitu: “Gypsy Sun And Rainbows” serta “Band Of Gypsys”.

Ditahun yang sama Jimi Hendrix Experience kembali sibuk dan melakukan tour bertajuk Cry Of Love, dimana posisi Noel Redding digantikan oleh Billy Cox. Konser terakhir Jimi Hendrix saat itu berlangsung pada tanggal 6 September 1970 di Jerman.

Popularitas dan kekayaan yang merubah gaya hidup Jimi Hendrix. Pesta, hura – hura, wanita, dan drugs (narkoba) yang akhirnya merenggut nyawa Sang Dewa Gitar ini. Tanggal 18 September 1970, Jimi Hendrix ditemukan tewas dalam kamarnya di Samarkand Hotel, London, yang saat itu kekasihnya yang bernama Monika Dannemann juga berada didalam kamar tesebut.

Menurut pengakuan dokter yang mengautopsi jasad Jimi mengatakan bahwa meninggalnya Jimi Hendrix karena over dosis. Namun belakangan berkembang isu yang mengatakan Jimi Hendrix tewas karena dibunuh oleh sang manejer Michael Jeffery, dengan cara memasukkan pil narkoba sebanyak 9 butir kedalam mulut Jimi Hendrix. Hal itu dilakukan saat Jimi tidak sadarkan diri akibat mabuk.

Malam sebelum Jimi Hendrix meninggal, ada yang menyaksikan bahwa manejer tersebut terlihat sedang bertengkar dengan Sang Gitaris Legendaris Dunia itu.

          Tanggal 11 Mei 2003, Noel Redding (basis Jimi Hendrix Experience) wafat di rumahnya di Irlandia.

Kemudian tanggal 12 November 2008 Mitch Mitchell (drumer Jimi Hendrix Experience) wafat di Benson Hotel, Portland – Oregon.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar