Minggu, 04 Mei 2014

BLUES SHOUTER - (SUB GENRE BLUES)




          Diawali dari artikel kali ini hingga beberapa artikel berikutnya, kita akan mulai mengulas berbagai sub genre musik blues. Sebelumnya kita sudah pernah bahas tentang sejarah perjalanan musik blues. Adapun yang akan diulas kali ini yaitu blues shouter. Meskipun sangat singkat apa yang penulis bisa ceriterakan disini, tetapi yang penting kita bisa mengetahui secara garis besar mengenai apa itu sub genre yang bernama blues shouter.

          Seorang musisi blues shouter adalah seorang penyanyi blues yang umumnya dinyanyikan oleh kaum pria. Si penyanyi harus lebih menonjolkan teriakan (shout) vokalnya dari alat musik yang mengiringinya agar lebih didengar. Hal tersebut sudah populer sebelum digunakannya mikrofon sebagai pengeras suara vokal dalam grup band. Blues Shouter adalah musik blues yang cirri khasnya lebih bernuansa jazz dibanding rock’n’roll. Umumnya instrument yang dipakai dalam blues shouter adalah acoustic guitar, harmonica, electric guitar, dan drum kit.

Musisi blues shouter yang sangat terkenal, antara lain:

Big Joe Turner, dengan hitsnya Roll 'Em Pete (1938), dan Shake, Rattle and Roll (1954). Turner dianggap sebagai seniman terbesar.

H-Bomb Ferguson

Wynonie Harris

Signe Toly Anderson, adalah musisi blues shouter yang sudah dikenal sebelum bergabung dengan Jefferson Airplane (group band rock Amerika yang beraliran Phsychedelic Rock).

Eddie "Cleanhead" Vinson adalah pemain saksafon alto, terkenal dengan cirri khas yang tidak biasa yakni penggabungan shouter blues dan bebop.

Walter Brown, dari orchestra milik Jay McShane (seorang maestro jazz di Amerika).

Jimmy Witherspoon, yang juga bermain bersama McShane.

Jimmy Rushing, seorangm blues shouter yang bermain musik bersama Count Basie (yakni seorang pianis dan komposer).














Tidak ada komentar:

Posting Komentar