Minggu, 27 April 2014

PROFIL DAN BIOGRAFI JOHN LEE HOOKER



          Jhon Lee Hooker dilahirkan pada tanggal 22 Agustus 1917 dekat Clarksdale, Mississippi. Berasal dari keluarga yang penuh disiplin yang setiap hari harus tinggal dirumah atau kesekolah bersama saudaranya yang lain. JhonLee Hooker  bungsu dari sebelas bersaudara. Ayahnya bernama William Hooker seorang petani dan pendeta , sedangkan ibunya bernama Minnie Ramsey. Untuk aktivitas lain, Jhon Lee Hooker dan saudaranya hanya diizinkan untuk mendengarkan lagu-lagu religius, dan bernyanyi di gereja.

Orang tua Jhon Lee Hooker bercerai pada tahun 1921, kemudian ibunya menikah lagi bersama seorang penyanyi blues yang bernama William Moore. Sang ayah tiri inilah yang pertama kali memperkenalkan gitar padanya , yang akhirnya Jhon Lee Hooker kelak terkenal sebagai seorang penyanyi blues yang termasuk dalam kategori electric blues dengan gaya bermain gitar yang khas.

          Pada awal tahun 1940-an, Jhon Lee Hooker pindah ke Detroit dekat Memphis dan Cincinnati. Ia bekerja sebagai petugas kebersihan di pabrik mobil, sementara di malam hari ia menghibur teman teman dan para tetangganya dan juga bermain musik di berbagai tempat pesta. Di Detroit tepatnya di Hastings Street, Jhon Lee Hooker merasa seperti berada di kampung halamannya kembali, karena dekat dengan pemukiman musisi blues kulit hitam dan tempat hiburan seperti bar. Tampil pada klub - klub hiburan di  Detroit, popularitas Jhon Lee Hooker tumbuh cepat, dan mulailah ia membeli gitar listrik untuk pertama kalinya.

Jhon Lee Hooker ditemukan oleh seorang bernama Elmer Barbee, yakni pemilik studio rekaman yang kemudian membawanya ke Bernard Besman, yakni seorang produser, distributor rekaman dan juga pemilik Sensation Records. Lalu Besman menawarkan beberapa demo rekaman awal milik Jhon Lee Hooker untuk Modern Records. Diantara rekaman Jhon Lee Hooker yang pertama pada 1948, "Boogie Chillen" menjadi nomor satu jukebox hit untuk Modern Record dan penjualan pertamanya dalam jumlah jutaan copy.

Studio rekaman diera tahun 50-an jarang membayar musisi kulit hitam lebih dari harga semestinya, sehingga Jhon Lee Hooker lebih sering mendatangi studio studio rekaman untuk menawarkan lagu-lagu baru atau lagu-lagu lamanya yang diaransemen ulang. Jhon Lee Hooker sedikit gagap dan buta huruf namun ia adalah seorang penulis lirik yang produktif. Alunan vokalnya sangat bebas, tidak terikat dengan aturan bar blues yang baku kalau dibandingkan dengan penyanyi blues lainnya saat itu. Walaupun gaya bernyanyi tersebut sudah semakin ditinggalkan, namun Jhon Lee Hooker tetap mempertahankan ciri khas soundnya. Jhon Lee Hooker merupakan gitaris blues yang juga identik dengan Boogie Woogie.

Hits lainnya yang lebih terkenal yakni "I’m In The Mood" dan " Crawling Kingsnake serta "Hobo Blues." Prestasi lain dalam kariernya terjadi ketika merilis lebih dari 100 lagu pada Vee Records Jay antara tahun 1950-an dan 1960-an. Kemudian di era 1960-an musisi muda Inggris seperti Animals, John Mayall, dan Yardbirds memperkenalkan Jhon Lee Hooker kepada penggemar mereka. Musisi tersebutlah yang berpengaruh membantu membangun Jhon Lee Hooker ke predikat superstar di Inggris.

Pada 1970 ia pindah ke California dan bekerja pada beberapa proyek dengan musisi rock, terutama Van Morrison dan Canned Heat. Canned Heat lah yang menggubah karakter sound Jhon Lee Hooker setelah mereka bekerja sama di beberapa album dan tur.

Pada tahun 1989 Jhon Lee Hooker merekam album The Healer bersama Keith Richards dan Carlos Santana yang penjualannya melebihi 100 juta copy dan akhirnya memenangkan penghargaan Grammy. Berbagai penghargaan telah diperoleh Jhon Lee Hooker.

John Lee Hooker juga sering tampil dalam beberapa kesempatan khusus dengan beberapa artis seperti Willie Dixon, Bonnie Raitt, Ry Cooder, John Hammond, Huey Newton, Robert Clay, Mick Fleetwood, Al Cooper, Johnny Winter, dan Albert Collins.

Pada tahun 1991, nama Jhon Lee  Hooker dimasukkan kedalam daftar Rock n 'Roll Hall Of Fame sebagai orang yang telah mempengaruhi banyak penggemar dan musisi. Selanjutnya Jhon Lee Hooker dinobatkan lagi kedalam daftar Los Angeles 'Rock Walk, The Walk Of Fame Bammies di San Francisco, dan, pada tahun 1997, sebagai seorang bintang di Hollywood Walk of Fame.

          Pada tanggal 21 Juni 2001 John Lee Hooker jatuh sakit dan meninggal diusia 83 sebelum melakukan turnya ke Eropa. . Jhon Lee Hooker memilik lebih dari 100 album dan terakhir di hari tuanya ia menetap di San Francisco, California.












1 komentar: